Cara Menggunakan Castile Soap

Cara Menggunakan Castile Soap

Apa itu castile soap ? Sabun Castile adalah sabun yang berbahan dasar minyak zaitun, sabun alami yang tidak mengandung bahan sintetis apapun dan biodegradable. Awal mulanya sabun ini dibuat di daerah Mediterania sebelum penggunaannya menyebar ke Eropa dan bentuknya berupa batang. Nama castile diambil dari wilayah Castile yang ada di spanyol. Sekarang ini sabun castile banyak dibuat dari bahan-bahan yang lain selain dari zaitun, yaitu kelapa, kastor, almond, alpukat dan lain lain (sumber: healthline.com).

Mengapa sabun ini tiba-tiba banyak mendapatkan perhatian dan dihubungkan dengan gaya hidup zero waste? Karena tidak hanya bahannya yang ramah lingkungan tapi sabun ini juga sangat multifungsi dan efektif dalam gunanya. Beberapa diantaranya adalah bisa digunakan untuk tubuh, membersihkan rumah, sebagai deterjen, bahwkan memandikan hewan peliharaan. Karena kandungannya yang sangat alami, maka hampir tidak ada side effectย buruk yang ditimbulkan.

Mengapa dihubungkan dengan gaya hidup zero waste, karena di satu sabun castileย kita bisa memanfaatkan untuk banyak sekali hal, sama seperti lerak. Bahkan bisa jadi lebih luas lagi. Yang artinya, mengurangi banyak sekali potensi sampah plastik dan pastinya tidak berpolusi ke bumi (tanah, air dll). Walaupun castile soap biasanya di-pack di jerigen atau botol yang terbuat dari plastik, namun plastik itu bisa ditukar dan/atau memiliki nilai ekonomis di bank sampah atau pengepul.

Manfaat dari Sabun Castile dan cara penggunaannya?

1. Sabun cuci piring cair untuk manual

Bisa menggunakan perbandingan 1:10, tambah 1 bagian kastil ke 10 bagian air (rasio 1:10). Gunakan air matang dan kocok sebelum digunakan agar bercampur dengan sempurna. Untuk penggunaan dengan busa lebih banyak, maka air dapat dikurangi.

2. Deodoran spray

Sabun ini juga dapat digunakan untuk membuat deodoran alami. Caranya adalah tambahkan 1/2 sdt sabun castile cair, 1/2 sdt air matang dan 1 sendok teh garam. Deodoran spray ini bisa dengan mudah digunakan di ketiak kita.

3. Deterjen pencuci piring untuk dish washer

Ini bisa menjadi opsi alami dan tanpa sampah untuk mengganti deterjen mesin pencuci (yang biasa berbentuk padat dan kotak) piring untuk kalian yang menggunakannya. Campurkan 1:1 sabun dan air matang, kemudian tuangkan di bagian kompartmen dari dish washer kalian.

4. Pembersih jendela
Bersihkan jendela kalian dengan semprotan alami dengan menggunakan 1 sdm sabun castile dalam 1 liter air (kran jika langsung digunakan, matang jika ingin disimpan). Bisa juga ditambah dengan cuka. Kemudian opsional, bilas menggunakan air soda dan keringkan jendela dengan koran. Voila!

5. Shampoo
Cara penggunaan adalah 1 sdm sabun castile kemudian 1 cangkir air matang ukuran normal. Gunakan sedikit sabun castile encer ini untuk mencuci rambut kalian. Bisa juga concentrated (langsung dari castile nya tanpa air, karena nanti juga akan dicampur dengan air di bawah shower). Tapi pastinya yang dicampur air akan lebih awet dan hemat ๐Ÿ™‚

6. Sabun badan

Untuk sabun bisa menggunakan perbandingan 1:1 dengan air matang. Bisa kita buat yang lumayan banyak di wadah pump untuk kemudian disimpan dan standby di kamar mandi. Selain itu bisa dicampur dengan bahan alami lain untuk meningkatkan kelembapan seperti contohnya madu.

7. Mengepel

1:10 (1 tutup botol castile yang dijual di webshop dengan air kran (hangat lebih baik- sebanyak 1/4 ember ukuran sedang).

8. Cuci mobil

Gunakan 2 tutup botol castile yang dijual di webshop dengan 1/2 air di ember ukuran sedang. Bersihkan dan lap mobil seperti biasa.

9. Mencuci hewan peliharaan
Jumlah dan resep tergantung dengan ukuran dan jumlah rambut hewan.

 

Selamat mencoba yaaaaaa..ย Castile Soap bisa juga beli disini. Caution: Zero Waste Indonesia tidak bertanggung jawab atas percobaan yang dilakukan dan hasil yang dihasilkan karena reaksi kulit setiap orang berbeda-beda.

Note: Gunakan air matang jika campuran ingin disimpan. Boleh gunakan air mentah jika ingin langsung digunakan.

Featured image by @wasteless.wanderer.niagara

 

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *